Friday, November 27, 2020

KHASIAT DAUN POKOK SAMBUNG NYAWA

Sabung nyawa (atau akar sebiak) merupakan tumbuhan herba yang boleh dijadikan ubat. Biasanya ia dimakan sebagai ulam.

Daun sambung senyawa memiliki ciri-ciri tertentu seperti daun yang berwarna hijau muda, tangkai daun panjangnya hingga 1 – ½ cm, serta letak daunnya yang berselingan. Selain itu bentuk daunnya bulat seperti telur, memanjang pada ujung runcingnya, dan panjangnya sekitar 3 – 12 cm, serta lebar pada daunnya hingga 5 cm. Ciri-ciri daun sambung nyawa yang bisa kita ketahui juga, bisa kita rasakan saat kita memegangnya pada permukaan daunnya terasa agak sedikit kasar karena memiliki bulu-bulu halus, daun yang bergelombang, menyirip dan sedikit bergigi.

Khasiat daun sambung nyawa untuk kesehatan ini memang cukup banyak mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit tubuh. Dalam hal ini tentunya tidak lepas dari beberapa kandungan yang terdapat pada daun sambung senyawa seperti flavonoid, saponin, dan minyak asiri. Selain itu, daun sambung senyawa ini memiliki sifat netral, dingin, antitoktik, anti kanker, anti radang, serta bersifat hiportensif yang dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan inilah yang mampu melancarkan darah, mengobati maag, dan mengobati berbagai macam jenis penyakit. Dan berikut di bawah ini beberapa manfaat daun sambung nyawa untuk menjaga kesehatan serta mengatasi berbagai macam penyakit tubuh sebagai obat tradisional, berikut poin-poin di bawah ini antara lain :

1. Bermanfaat untuk mengubati diabetes

Cara yang boleh anda lakukan untuk memanfaatkan daun sambung nyawa untuk mengatasi penyakit diabetes ini antara lain sebagai berikut :

  • siapkan beberapa helai daun sabung nyawa atau 7 lembar yang masih segar, cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan debu, kotoran, atau bakteri. 
  • Setelah itu, anda bolehlah mengkonsumsinya secara langsung sebagai lalap dengan nasi. Lakukanlah cara ini setiap makan 2 kali dalam satu hari.

2. Bermanfaat untuk mengubati darah tinggi

Cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan daun sambung nyawa sebagai obat tradisional untuk mengatasi darah tinggi ini antara lain sebagai berikut :

  • Siapkan 7 helai daun sambung nyawa, cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dari daun tersebut. 
  • Setelah itu, anda bolehlah langsung mengkonsumsinya sebagai lalapan nasi atau bisa juga di kukus atau di tumis sebentar sebelum di makan dengan nasi, atau bisa juga dibuat seperti jus. Baca juga Buah-buahan untuk darah tinggi


3. Bermanfaat untuk mengobati sinusitis dan pita tenggorokan

Cara yang boleh anda lakukan untuk memanfaatkan daun sambung nyawa untuk kesehatan ini yaitu dengan cara sebagai berikut :

  • Siapkan 4 – 7 helai daun sambung nyawa yang masih segar, kemudian cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan kotorannya. 
  • Setelah itu, anda bisa langsung mengkonsumsinya sebagai lalap atau di buat seperti jus.


4. Bermanfaat untuk mengUbati penyakit tumor

Cara yang bOLEH anda laukan untuk mengobati panyakit tumor dengan memanfaatkan daun sambung nyawa sebagai obat tradisional yaitu sebagai berikut :

  • siapkan 3 helai daun sambung nyawa segar, lalu bersihkan dengan air mengalir agar bersih dari kotoran atau debu. 
  • Setelah itu, makan sebagai lalap nasi secara rutin dan teratur.
  • Perlu anda perhatikan bagai penderita penyakit ini untuk menghindari beberapa makanan seperti ikan asin, durian, nanas, kangkung, sawi putih, tape, toge, cabai, nangka es, vetzin, dan limun.


5. Bermanfaat untuk mengubati masalah hati

Cara yang boleh anda laukan untuk memanfaatkan daun sambung nyawa sebagai obat tradisional untuk mengatasi liver ini yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan 3 lembar daun sambung nyawa segar, lalu cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan debu dan kotorannya.
  •  Setelah itu konsumsi sebagai lalapan nasi atau jus dan sebagainya. Perlu di perhatikan bagi penderita penyakit ini untuk menghindari makanan atau mengkonsumsi yang  berlemak.


6. Bermanfaat untuk mengobati kolestrol tinggi

Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kolestrol jahat dengan memanfaatkan daun sambung nyawa ini yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan 3 helai daun sambung nyawa segar, cuci dengan air mengalir agar lebih segara dan untuk menghilangkan kotoranya.
  • Setelah itu, konsumsilah sebagai lalap nasi dengan rutin dan teratur.



No comments:

Post a Comment