Wednesday, October 25, 2017

KHASIAT BUAH PISANG UNTUK KESIHATAN


Pisang (nama botani: Musa spp.) Pisang adalah buah-buahan yang boleh dimakan, botani berry, yang dihasilkan oleh beberapa jenis tumbuh-tumbuhan berbunga herba besar dalam genus Musa. Di sesetengah negara, pisang digunakan untuk memasak boleh dipanggil plantains, berbeza dengan pisang pencuci mulut. Buah ini berubah-ubah dari segi saiz, warna dan ketegasan, tetapi biasanya panjang dan melengkung, dengan isi lembut yang kaya dengan kanji ditutup dengan kulit yang berwarna hijau, kuning, merah, ungu, atau coklat apabila masak. Buah-buahan yang tumbuh dalam kelompok tergantung dari bahagian atas tumbuhan.

Khasiat Buah Pisang
o   Kaya kandungan vitamin dan serat Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung.

o   Sumber tenaga Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber tenaga untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah tenaga untuk melakukan aktiviti sehari-hari.

o   Menurunkan berat badan. Bagi yang bermasalah dengan berat badan, maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil.

o   Meningkatkan kesihatan otak. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dan sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan pencuci mulut.

o   Mengubati jerawat. Cara menggunakan buah pisang untuk mengubati jerawat iaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah masak. Lalu letakkan pada kulit wajah yang berjerawat. Biar beberapa minit dan kemudian bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

o   Menghaluskan kulit wajah. Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengubati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sudu madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

o   Menyeimbangkan jumlah cairan. Tubuh memerlukan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh.  Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

o   Mengatasi anemia. Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

o   Menyehatkan tulang. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

o   Mencegah penyakit jantung. Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung.

o Memperlancar sistem pencernaan. Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi.

o   Mengatasi gatal akibat terkena gigitan nyamuk. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

o  Melancarkan peredaran darah Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

o   Mengurangi rasa sakit ketika haid Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

o Mengurangi pembengkakan. Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

o Mengubati sembelit. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

No comments:

Post a Comment