Wednesday, October 25, 2017

KHASIAT BUAH NANGKA UNTUK KESIHATAN BADAN



Pokok Nangka (Artocarpus heterophyllus or A. heterophylla[1]) merupakan spesies pokok dalam keluarga mulberi (Moraceae), yang merupakan pokok tempatan di Asia Tenggara dan Selatan. Ia merupakan pokok kebangsaan Bangladesh. Pokok Nangka juga didapati di Afrika Timur contohnya. Di Uganda dan Mauritius, termasuk juga dikeseluruhan Brazil. Nama botaninya Artocarpus heterophyuus Lam.

Isi nangka adalah berkanji, berfiber, dan merupakan sumber fiber makanan. Rasanya menyamai tat pisang. Pelbagai jenis nangka dibezakan menurut ciri-ciri isi buah. Di Brazil, tiga jenis diakui. Ini adalah: jaca-dura, atau jenis "keras", yang memiliki isi keras dan buah terbesar dengan berat sekitar 15 dan 40 kilogram setiap satu; jaca-mole, atau jenis "lembut", yang memiliki buah lebih kecil, dengan isi lebih lembut dan manis; dan jaca-manteiga, atau jenis "mentega", yang memiliki buah manis, yang isinya antara jenis "keras" dan "lembut".Di Malaysia jenis yang popular adalah nangka bubur dan nangka biasa

KAHSAIT BUAH NANGKA

o   Biji nangka boleh direbus dan dimakan atau dihancurkan menjadi tepung yang boleh dicampur dalam air untuk diminum bagi mengubat penyakit kelebihan hempedu. Bijinya juga dipanggang dan dimakan sebagai tonik kelamin.

o   Nangka merupakan sumber kalori seperti pada manfaat buah durian, namun merupakan kandungan gula yang sederhana seperti fruktosa dan glukosa yang dapat langsung dirubah menjadi energi. Sejumlah mineral pentung dan nutrisi terkandung dalam nangka seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium dan seng. Sehingga membuatnya penting untuk dikonsumsi sabagai menu buah harian. Berikut ini beberapa manfaat nangka bagi tubuh 1) :

o   Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanser usus besar.

o Buah nangka segar mengandung sejumlah kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein dan cryptoxanthin-b. Senyawa ini secara bersama-sama memainkan peran penting sebagai antioksidan dan mengoptimalkan penglihatan. Vitamin A juga menjaga integritas membran lendir dan kulit. Manfaat buah-buaha alami yang kaya akan vitamin A, dan karotenoid telah ditemukan untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.


o Buah nangka adalah sumber yang baik akan kandungan kalium, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, seperti yang terdapat pada manfaat pisang.


No comments:

Post a Comment